DPR Endro S Yahman Minta Bawaslu Usut Tuntas Aparatur Kelurahan Pasang Banner Caleg

 

Bandar Lampung

Anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Endro S Yahman mendorong agar Bawaslu Bandar Lampung mengusut tuntas keterlibatan Aparatur Kelurahan memasang Bannner Caleg DPR RI Rahmawati Herdian. Sabtu 16 Desember 2023.

Menurut nya keterlibatan aparatur kelurahan sudah pasti ada ASN yang memerintahkan, bahkan ada yang lebih tinggi dari itu. Mengingat Caleg tersebut merupakan anak kandung Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana.

“Sudah pasti itu pelanggaran Netralitas ASN karena bukti-bukti yang sudah ada. Lurahnya yang bertanggung jawab;”katanya

Tak hanya itu, kata DPR RI Dapil Lampung satu, Bawaslu Bandar Lampung harus bergerak dan mengusut tuntas siapa dalang-dalang dibalik keterlibatan perangkat kelurahan Perumnas Way Halim.

“Kejadian seperti ini sudah terjadi berkali-kali, harus ada ketegasan dari Bawaslu usut tuntas jangan hanya sanksi-sanksi ringan,”katanya.

Menurutnya aparat Pemerintah Kota harus netral tidak melakukan gerakan-gerakan politik yang bertentangan dengan peraturan, karena ini sudah pelanggaran berat.

Jika Bawaslu tidak mampu menyelesaikan ini dirinya akan melakukan evaluasi kinerja Bawaslu di Lampung yaitu Bandar Lampung.

“Kalau Bawaslu tidak mampu menyelesaikan ini Bawaslu yang perlu di evaluasi kerjaanya apa. Kalau memungkinkan sebaiknya di ganti kalau tidak mampu mengawasi,”katanya.

Ia menambahkan, anggaran pemerintah untuk menunjang kinerja Bawaslu cukup besar, sehingga mereka harus bekerja keras dan sesuai dengan peraturan.

“Bawaslu Jangan jadi alat politik, bekerjalah sesuai dengan peraturan, agar Pemilu dan Pilkada berjalan dengan lancar,”katanya.

Sebelumnya.

Video sejumlah perangkat kelurahan di Bandar Lampung diduga melakukan pemasangan banner salah satu caleg dari Partai NasDem beredar di media sosial. Bawaslu Kota Bandar Lampung pun bakal melakukan penelusuran terkait video tersebut.

Dalam beberapa video serta foto yang diterima , tampak sejumlah orang yang diduga sebagai RT serta Linmas merangkai kayu yang digunakan untuk dipasang banner caleg DPR RI bernama Rahmawati Herdiana Provinsi Lampung.

Related posts
Tutup
Tutup