Limbah berwarna hitam, diduga aspal mencemari sepanjang Pantai Kedu Warna, Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

 

Kepala Bidang Pencemaran DLH Kabupaten Lampung Selatan Nur Chotib, mewakili Plt Kepala DLH Lamsel Yudius Irza, membenarkan adanya benda yang diduga aspal tersebut, di sepanjang pantai Kedu Warna Kalianda. “Iya, perkiraan sementara aspal wah,”ujarnya, Selasa 22 Agustus 2023.

Kendati demikian, mwngatakan pihaknya belum dapat memastikan dari mana munculnya dugaan aspal di pantai setempat. Namun, yang pasti hal itu baru diketahui pihaknya hari ini. “Kalau laporan dari masyarakat, baru nampak pagi tadi wah,”katanya.

Disinggung mengenai apakah dugaan limbah aspal itu bakal berdampak buruk kepada kesehatan manusia atau mahluk hidup lainnya, Chotib mengatakan, hasil pantauan sementara masih aman.

“Kalau hasil pantauan sementara ini, aman. Karena, (jika) dilihat belum ada ikan atau biota laut yang mati terdampar di pantainya,”kata dia.

Usai mengambil sempel dugaan limbah yang tersebar disepanjang pantai di Kelurahan Wayurang Kalianda, Lampung Selatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal menyambangi pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Nur Chotib, menjelaskan, pihaknya melalui Kabid Pengawasan dan Penataan Lingkungan akan menyambangi pihak kementerian terkait.

“Ini sempelnya sudah kami ambil. Rencananya, besok kami bawa ke kementerian untuk menkonfirmasi terkait jenis limbah, penanggulangan dan penanganannya seperti apa,”jelasnya.

Related posts
Tutup
Tutup