Homeostasis adalah Mekanisme Tubuh Menjaga Kestabilan, Begini Prosesnya

HomeHot Homeostasis adalah Mekanisme Tubuh Menjaga Kestabilan, Begini Prosesnya Fitriyani Puspa SamodraFitriyani Puspa Samodra Diperbarui 19 Jul 2023, 09:55 WIB Copy Link 17 Ilustrasi tubuh, badan sehat Perbesar Ilustrasi tubuh, badan sehat. (Image by cookie_studio on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Homeostasis adalah salah istilah dalam ilmu biologi yang merujuk pada mekanisne di dalam tubuh. Keringat yang keluar saat tubuh merasa kepanasan, atau dorongan untuk ngemil saat tubuh berada di cuaca yang dingin merupakan salah satu bentuk homeostasis yang terjadi dalam tubuh.

Homeostasis adalah proses otomatis dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap berada pada kondisi yang stabil. Mekanisme homeostasis bekerja dengan memantau dan mengatur berbagai parameter penting seperti suhu tubuh, keseimbangan air dan elektrolit, tekanan darah, kadar gula darah, pH darah, dan lain-lain. 

Ketika ada perubahan yang dapat mempengaruhi keseimbangan internal, sistem homeostasis berfungsi untuk mengenali perubahan tersebut dan meresponsnya untuk mengembalikan kondisi ke tingkat normal. Berikut ulasan tentang homeostasis adalah mekanisme penting dalam tubuh untuk menjaga kestabilan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/7/2023).

Related posts
Tutup
Tutup