Dampak Adanya Gudang BBM dan Penyulingan Ilegal Terbakar , Kapolda Sumsel Copot Dua Kapolsek

Dampak Adanya Gudang BBM dan 

Sumsel(detiknews-id)-Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mencopot Kapolsek Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Iptu Vico Fariul Fajar dan Kapolsek Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir AKP Heri Yusman. Keduanya dicopot pasca terbakarnya dua lokasi bisnis BBM ilegal.

Awalnya kebakaran tempat penyulingan minyak ilegal di Desa Gombong, Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Muba pada Jumat 28 Juli 2023, kemudian menyusul gudang BBM Ilegal di Jalan Lintas Palembang-Ogan Ilir Sumatera Selatan, juga terbakar, Selasa 1 Agustus 2023 kemarin. .

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kombes Pol Supriadi mengatakan, Kapolda Sumsel sebelumnya telah menggelar rapat mengumpulkan seluruh Kapolsek untuk menjaga wilayah hukum mereka masing-masing agar tidak ada lagi aksi illegal drilling.

“Kapolda Sumsel tidak memberikan toleransi terkait illegal drilling, ternyata kemarin ada dua kejadian meledak gudang penimbunan dan penyulingan BBM ilegal di dua daerah di Pemulutan dan Babat Toman. Kapolda langsung menindak tegas kedua duanya dengan dinonaktifkan sebagai Kapolsek dan sudah diganti dengan perwira lain,” kata Supriadi di Polda Sumatera Selatan, Rabu 2 Agustus 2023.

Supriadi menjelaskan, setelah dicopot, dua mantan Kapolsek tersebut langsung ditarik ke Polda Sumsel untuk dilakukan pemeriksaan oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam). “Mereka diperiksa untuk mengetahui sejauh mana kelalaiannya,” ujar Supriadi.

Untuk saat ini, jabatan Kapolsek Pemulutan diisi oleh Iptu Ibnu Arfan yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Paminal Polres Ogan Ilir. Sedangkan Kapolsek Babat Toman Toman Iptu Vico Fariul Fajar diganti Iptu Sarwo Edhi yang sebelumnya menjabat Karo bin opsnal Sat Intelkam Polres Muba.

“Kapolda Sumsel sudah tegas meminta seluruh Kapolsek agar tidak ada lagi aktivitas illegal drilling baik itu penyulingan maupun penimbunan. Bila Masih kedapatan maka sanksinya Kapolsek dicopot,” ujar Supriadi. (Red)

Related posts
Tutup
Tutup