Siswa SMK di Lampung Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik

HomeOtomotifOto News Siswa SMK di Lampung Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik Fahmi RizkiFahmi Rizki Diperbarui 12 Jul 2023, 14:11 WIB Copy Link 11 Rencana Subsidi Rp 6,5 Juta untuk Konversi Motor Listrik Perbesar Mekanik menyelesaikan proses konversi motor listrik pada bengkel Elders Garage di basement Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (20/12/20222). Konversi motor konvensional bermesin bensin ke listrik menjadi salah satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Untuk mempercepat tren elektrifikasi, pemerintah mendorong program konversi dengan memberikan subsidi Rp 6,5 juta. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta – Akselerasi penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat terus digaungkan oleh pemerintah. Tidak hanya melalui kehadiran model baru, namun untuk produk konversi juga turut menjadi salah satu target untuk mendukung misi tersebut.

Baru-baru ini, sebanyak 23 siswa dari SMK dan 6 teknisi bengkel di Lampung, mendapat pelatihan terkait cara mengkonversi motor konvensional ke motor listrik.

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mempersiapkan tenaga ahli konversi motor yang dibutuhkan dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Bertindak sebagai pendamping para siswa sekaligus guru SMK Negeri 3 Kotabumi, Lampung, Sulisno, secara gamblang mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung apa yang telah dilakukan oleh PLN dalam hal ini memberikan keilmuan terkait program konversi motor listrik.

“Kami berterima kasih kepada PLN, melalui program PLN Peduli yang melibatkan anak didik kami untuk berpartisipasi dalam rangka mendorong perkembangan ekosistem KBLBB. Melalui pelatihan ini, kami mendapatkan kesempatan untuk mendalami energi alternatif yang bisa dimanfaatkan,” ungkap Sulisno.

Pemateri dari Elder’s Garage Roni menyampaikan pentingnya SDM mumpuni untuk pengembangan motor listrik. Sebab, Roni optimistis motor listrik sebagai teknologi masa depan yang siap menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil dalam waktu dekat.

“Mengkonversi motor konvensional menjadi motor listrik adalah inovasi yang menjanjikan guna kepraktisan di masa depan. Pelatihan ini adalah kesempatan emas bagi adik-adik SMK yang hadir, karena energi listrik merupakan energi alternatif yang akan menggantikan semua energi berbahan bakar fosil,” jelas Roni.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/5342021/siswa-smk-di-lampung-dapat-pelatihan-konversi-motor-listrik

Related posts
Tutup
Tutup