PSSI Terus Godok Wasit Indonesia agar Cakap Terapkan VAR

Wasit mendapat bantuan dari VAR untuk mengambil keputusan seadil mungkin. (AFP/Ian Kington)

Liputan6.com, Jakarta – PSSI melanjutkan rangkaian program pelatihan video assistant referee (VAR) bagi wasit yang akan bertugas di liga pada 18-20 Juli di Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja fase sebelumnya yang meliputi melakukan seleksi, kursus, dan lokakarya terhadap para wasit.

Untuk pelatihan VAR kali ini, PSSI dan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendatangkan instruktur FIFA Subkhidin. Program pelatihan akan dibagi dalam sejumlah sesi, sesuai dengan materi pengenalan sistem VAR yang akan diterapkan.

“Dalam program pelatihan ini, setiap hari akan dipresentasikan materi-materi dasar dan pengenalan terkait sistem VAR. Hal yang paling mendasar tentu adalah Law of The Game (LoTG) yang menjadi pedoman untuk mengambil keputusan. Di akhir program pelatihan, akan ada tes bagi semua peserta terkait semua materi yang dipresentasikan selama tiga hari,” kata Subkhidin dilansir laman resmi PSSI.

Pada hari pertama pelatihan, para peserta diminta mempelajari LoTG musim 2023/2024 serta materi pengenalan dan analisis pendukung lain. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga pelatihan, para peserta akan mempelajari hal-hal teknis terkait pengambilan keputusan, dilanjutkan kuis dan tes dengan menyaksikan rekaman video. Peserta kemudian diminta mengambil kesimpulan untuk menutup program.

VAR merupakan teknologi kamera video yang sudah diterapkan di berbagai kompetisi sepak bola papan atas dunia. Tujuannya untuk membantu wasit mengambil keputusan seadil mungkin.

Teknologi VAR pertama kali diuji coba pada ajang internasional pada pertandingan Prancis melawan Italia pada Juni 2016. Setelah dinyatakan sukses, FIFA menerapkan teknologi VAR pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Penerapan VAR di Liga Indonesia juga merupakan salah satu janji Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat mencalonkan diri untuk menduduki posisi tersebut.

Hal itu sejalan dengan tekad Erick untuk membenahi kualitas wasit lokal, sehingga berujung pada kesuksesan sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

https://www.liputan6.com/bola/read/5347837/pssi-terus-godok-wasit-indonesia-agar-cakap-terapkan-var

Related posts
Tutup
Tutup