Dijuluki Pantai Terkotor Kedua di Indonesia, Pantai Sukaraja Lampung Berpotensi Jadi Tempat Wisata

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5347066/dijuluki-pantai-terkotor-kedua-di-indonesia-pantai-sukaraja-lampung-berpotensi-jadi-tempat-wisata

Liputan6.com, Jakarta – Aksi bersih-bersih Pantai Sukaraja, Bandar Lampung yang digalakkan Pandawara Group pada pekan lalu berhasil mengangkut lebih dari 300 ton sampah. Kelompok anak muda pegiat lingkungan ini telah mengajak 3.700 orang untuk mengumpulkan tumpukan sampah.

Selain soal tumpukan sampah, ada pula soal rencana menjadikan pantai tersebut tempat wisata. Uniknya, Pandawara sempat menyebut kalau Sukaraja adalah pantai terkotor nomor dua di Indonesia karena tumpukan sampah, khususnya plastik, sangat mencemari pantai di Lampung tersebut.

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, rencana tersebut masih harus dikoordinasikan dengan dinas pemerintah setempat. “Kita akan koordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Pariwisata setempat,” ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Sandiaga menambahkan, koordinasi ini penting dilakukan agar para nelayan setempat juga turut memperoleh manfaat Pantai Sukaraja. “Para nelayan pasti memerlukan tambahan penghasilan, dan biasanya nelayan ini akan terbantu dengan aktivitas pariwisata,” kata pria yang biasa disapa Sandi ini.

“Di sisi lain kita juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pandawara. Kita sangat terinspirasi karena mereka bisa melibatkan ribuan masyarakat untuk bersih-bersih pantai. Setidaknya aksi membersihkan pantai itu bisa jadi bukti kolaborasi yang luar biasa antar-masyarakat dengan para pemangku kepentingan,” sambungnya.

Sandi berharap, kolaborasi yang diinisiasi oleh Pandawara Group di pantai tersebut tidak berujung kisruh terkait kebijakan pemanfaatan Pantai Sukaraja ke depannya.

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5347066/dijuluki-pantai-terkotor-kedua-di-indonesia-pantai-sukaraja-lampung-berpotensi-jadi-tempat-wisata

Related posts
Tutup
Tutup