Lapor Pak Menteri? Diduga Ada Pungli 10 juta di Lapas Narkotika Way Huwi

 

Bandar Lampung. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly bakal menindak tegas oknum petugas lapas yang melakukan pungutan liar terhadap Narapidana.

Namun pernyataan itu tidak di indahkan oleh oknum Lapas Narkotika Way Huwi.

Berdasarkan informasi terpercaya media ini, Kepala Lapas Narkotika Way Huwi Porman Siregar diduga melakukan pungli terhadap Narapidana nya menjelang perpindahan ke Jogjakarta. Rabu, 10 Oktober 2023.

Dimana, Kalapas memerintahkan Kepala LP untuk menarik pungutan uang sebesar Rp 10 juta kepada kepala Blok masing-masing.

Di Lapas Narkotika terdapat sekitar 12 Blok.

Diketahui Pungli adalah salah satu tindakan melawan hukum yang diatur dalam undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto. Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Pungutan liar adalah termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas.

Sumber yang minta disamarkan namanya Edwin mengatakan pungli tersebut baru terjadi tidak lama. Dikarenakan Kalapas akan pindah ke Jogjakarta.

“Sehingga diperkirakan perpisahan pada Rabu, 11 Oktober 20223 diduga modus untuk memberikan uang hasil pungutan liar (Pungli),” tegas nya dengan nada lantang.

Dirinya yakin bahwa pungli tersebut ada dan tidak berbohong kepada awak media. (Tim 2)

Related posts
Tutup
Tutup